A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable

Filename: controllers/home.php

Line Number: 229

Posyandu Untuk Perkembangan Balita Anda - Berita - PUSKESMAS TEPUSEN

POSYANDU UNTUK PERKEMBANGAN BALITA ANDA

Ditulis pada Senin, 17 Jun 2019 oleh: Puskesmas

Pos Pelayanan Terpadu ini memiliki peran yang sangat penting dalam hal mengawasi pertumbuhan dan perkembangan si buah hati, terutama bagil yang masih berusia di bawah tiga tahun. Mengapa posyandu berkonsentrasi pada Si Kecil di bawah usia tiga tahun? Hal ini dikarenakan periode pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil pada tiga tahun pertama merupakan periode emas untuk pertumbuhan mental, fisik, emosional, dan intelektualnya.

Untuk itu, diperlukan faktor pendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil melalui asupan gizi yang cukup, kebersihan Si Kecil, serta tidak lupa untuk mendapatkan berbagai imunisasi yang diperlukan. Ibu juga dianjurkan untuk memberikan vitamin A sebagai langkah untuk mencegah kebutaan pada Si Kecil. Vitamin A juga berguna untuk membantu pertumbuhan sel dan jaringan tubuh, terutama pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku. Vitamin tersebut juga dapat membantu pertumbuhan tulang dan melindungi tubuh Si Kecil dari serangan infeksi.

Ini Peran Posyandu bagi Pertumbuhan Balita Indonesia

Tidak hanya masa keemasan pada pertumbuhan dan perkembangan, periode usia tiga tahun pada Si Kecil juga memiliki risiko yang berbahaya dalam pertumbuhan dan perkembangannya, seperti mengidap kekurangan gizi. Untuk itu, inilah peran posyandu secara rutin untuk melakukan pemantauan terhadap tumbuh kembang Si Kecil pada periode usia 0-3 tahun. Jangan anggap remen ya, bu! Risiko ini akan memberikan dampak negatif seumur hidup Si Kecil apabila tidak diatasi dan diawasi dengan baik.

Dengan mengikuti posyandu secara rutin, ibu akan diberikan buku KIA, yaitu buku pemantauan tumbuh kembang Si Kecil. Buku ini akan memudahkan orangtua untuk mencatat tumbuh kembang anak selama mengikuti posyandu secara rutin. Selain itu, buku ini juga memberikan informasi yang penting untuk diketahui orangtua, seperti jadwal imunisasi Si Kecil.

Baca juga: 5 Dampak Negatif Jika Bayi Tidak Imunisasi

Ini Alasan Mengapa Si Kecil Wajib Mengikuti Posyandu

Ada tiga alasan penting mengapa ibu diharuskan untuk membawa Si Kecil ke posyandu, yaitu:

  1. Melakukan imunisasi secara aman, cepat, dan efektif.
  2. Imunisasi ini akan membuat tubuh anak kebal terhadap suatu penyakit dan sistem imun tubuh akan melawan penyakit tertentu dengan baik.
  3. Jika Si Kecil tidak melakukan imunisasi, Si Kecil akan berisiko lebih tinggi mengidap penyakit tertentu, mengalami kecacatan, bahkan kehilangan nyawa.

Imunisasi dilakukan dengan menyuntikkan virus atau bakteri penyakit, sehingga memicu respon kekebalan tubuh Si Kecil dan menyebabkan tubuh memproduksi antibodi untuk melawan penyakit tertentu. Biasanya, setelah Si Kecil diberikan suntikan imunisasi, anak akan merasakan sakit seperti demam. Namun, dengan merasakan sakit berarti obat yang diberikan melalui suntikan ini telah bekerja untuk memberi sistem kekebalan tubuh yang berlipat. Jadi, jika suatu saat anak terserang penyakit tersebut, tubuh anak sudah mempunyai antibodi yang mampu melawan penyakit tersebut dengan sendirinya.

Komentar: 0 Cetak: Kategori: Not categorized!
Bagikan:

REFRESING KADER KESEHATAN PUSKESMAS TEPUSEN

https://www.instagram.com/p/CGgbHIPAPoY/?utm_source=ig_web_button_share_sheet

Simulasi belajar tatap muka di SD N Tegowanuh hari ke-2.

  Simulasi belajar tatap muka di SD N Tegowanuh hari ke-2.   https:

PEMBERIAN PMT

  Pemberian bantuan susu dari @baznas.temanggung melalui bagian


Tinggalkan Komentar


Kabupaten Temanggung
PUSKESMAS TEPUSEN
Jl.Kaloran Kandangan Km 4 TepusenTemanggung Kodepos 56282 Telp. (0293) 4909950 email : puskesmastepusen@gmail.com
Copyright © 2024